KOALA KUMAL

Koala Kumal by Raditya Dika

Satu kata buat buku karya terbaru Bang Radit (panggilan akrab gue buat Raditya Dika padahal belum ketemu),asli bukunya PETJAAAAH!!!
Sebelum mengulas secara garis besar buku novelnya,gue mau bilang kalo buku novel setebal 247 halaman itu gue selesaiin dalam 5 hari. 5 HARI.
Baru bangun pagi gue langsung baca,pas makan,gue juga sambil baca. Pas nonton TV gue juga ngebaca (gue biarin TV yang ngeliat gue baca novel),pas lagi e'ek gue juga ngebaca (ya yang terakhir itu jangan ditanggepin serius ya....)
Gue emang ngikutin karya Bang Dika dari Kambing Hitam,Cinta Brontosaurus,sampe yang paling baru ini Koala Kumal.
Mungkin kalo dikalkulasi itu sejak gue awal SMP sampe gue udah mahasiswa semester atas. Itu mulai dari gue awal punya Hamster sampe Hamster gue jadi fosil. Oke ini ga penting.
Next,gue bakal ngulas dari judulnya "Koala Kumal",gue awalnya rada aneh sama judulnya kenapa Bang Radit demen banget ambil nama hewan buat jadi judul buku,kayak Kambing Jantan,Cinta Brontosaurus,atau Manusia setengah Salmon. Sekarang malah Koala Kumal. Mungkin lama-lama Bang Radit bakal buat judul Galau Sendu Kecoa atau Cerita Cinta Kutu Loncat gitu.
Dari judul Koala Kumal,setelah gue analisis dengan membaca isi bukunya dan gue searching,ternyata Koala Kumal itu inspirasi Bang Radit ketika lagi ada di Australia. Usut punya usut si Koala ini telah lama pergi meninggalkan rumahnya yang nyaman,setelah bertahun-tahun pergi akhirnya Koala imut itu balik ke tempat asalnya dan suasananya benar-benar beda. Sama seperti kehidupan,suasana yang pernah dekat dengan kita dan membuat kita nyaman setelah kita tinggal pergi dan kita hendak kembali lagi..suasana itu benar-benar berbeda dari awalnya. 



Dari isi novel masih sama dengan novel-novel karya Bang Radit sebelumnya. Bang Radit memiliki gaya khas saat menulis yaitu mengangkat problematika para abege2 labil yang mengalami patah hati.

Emang bener sih patah hati itu merupakan rasa paling absurd di dunia. Kalo diibaratkan itu kayak lu makan pete dicolekin Nutella,sambil minum jus pare ditambah bubuk Maicih. Kebayangkan rasanya gimana? Gue enggak,karena gue belum pernah nyobain.

Dalam menulis Bang Radit punya gaya khas sendiri yang mampu membuat pembaca karyanya ikut merasakan jalan ceritanya. 

Ada cerita yang menggambarkan suasana ketika Bang Radit masih cupu-cupu dan bego-begonya anak SD (sampe sekarang bego dan cupunya itu belum hilang) merasakan galaunya patah hati tentang persahabatan. Kita harus memilih untuk melanjutkan persahabatan yang tidak sesuai dengan prinsip hidup kita atau memutuskan untuk berpisah dengan seorang sahabat dan kembali pada prinsip hidup kita. Jujur,semua orang pasti pernah mengalami kejadian ini.

Buat teman-teman yang belum beli "Koala Kumal" saran gue..Lu mesti beli. Wajib! Buat kalian yang mau ngerasain ketawa-ketawa sendiri saat baca buku sambil di liatin mbak-mbak di cafe yang dikira lu kelainan,lu mesti BELI DAN BACA buku "Koala Kumal."


Buat Bang Radit..Kalau ada rencana buku Koala Kumal bakal diangkat jadi film layar lebar..ehem..ehem..gue mau kok Bang jadi pemainnya. Figuran,no problem! Gak dibayar,it's okay! Yang penting gue mau ikutan berpartisipasi sama karya Bang Radit. (gue nulis ini sambil berkaca-kaca bukan karena terharu tapi gue nulis di sebelah nyokap yang ngupas bawang. Okey,ini gak penting,Bang)

Sukses terus buat Bang Radit. Sukses terus buat kemajuan karya-karyanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bersyukur atas kegagalan??

ALLAH MAHA PENCEMBURU

Dongeng Sebelum Tidur